Sejarah Generasi Komputer Sampai Sekarang

Posted on

Generasi komputer adalah perubahan dalam teknologi komputer yang sedang digunakan. Awalnya, istilah generasi digunakan untuk membedakan antara berbagai teknologi perangkat keras. Saat ini, generasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak, yang bersama-sama membentuk seluruh sistem komputer.

Ada lima generasi komputer sampai saat ini. Setiap generasi akan dibahas secara rinci bersama dengan jangka waktu dan karakteristik. Berikut ini daftar sejarah generasi komputer dan perkiraan tahun beroperasinya.

5 Sejarah Generasi Komputer

1. Generasi Pertama ( 1946-1959 )

Generasi pertama digunakan pada tahun 1946-1959. Generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk komponen dasar memori dan CPU (Central processing unit). Tabung ini, seperti lampu listrik, menghasilkan banyak panas dan instalasi digunakan untuk sumbu sering. Oleh karena itu, komputer ini sangat mahal dan hanya perusahaan besar yang mampu membelinya.

Sejarah Generasi Komputer

2. Generasi Kedua ( 1959-1965 )

Komputer Generasi kedua digunakan antara 1959-1965. Pada generasi ini, transistor yang digunakan lebih murah, dan membutuhkan lebih sedikit konsumsi daya listrik, lebih simple dalam segi ukuran dibandingkan Generasi pertama, tentunya juga lebih handal dan lebih cepat karena tidak terbuat dari tabung vakum. Pada generasi ini, menggunakan memori utama dengan sebuah inti magnetik, kemudian pita dan disk magnetik sebagai perangkat penyimpanan sekunder.

Sejarah Generasi Komputer

3. Generasi Ketiga ( 1965-1971 )

Generasi ketiga komputer digunakan pada tahun 1965-1971. Komputer dari generasi ini menggunakan sirkuit terpadu (ICs) pada transistor. IC tunggal memiliki banyak transistor, kapasitor , dan resistor bersama dengan sirkuit terkait.

IC diciptakan oleh Jack Kilby. Pengembangan ini membuat komputer memiliki ukuran lebih kecil dari generasi sebelumnya, handal, dan efisien. Dalam generasi ini sudah menggunakan, sistem operasi dan multitasking.

4. Generasi Keempat ( 1971-1980 )

Periode generasi keempat adalah dari 1971-1980. Komputer generasi keempat menggunakan Very Large Scale Integrated (VLSI). Sirkuit VLSI memiliki sekitar 5000 transistor dan elemen sirkuit lainnya dengan sirkuit yang terkait pada satu chip

Baca Juga :  8 Ball Pool Mod

Komputer generasi keempat ini lebih bertenaga, handal, dan terjangkau. Hal ini yang menjadi dasar terciptanya Personal Computer atau PC. Dalam generasi ini sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C, C++, DBASE dll,

5. Generasi Kelima (1980 – Sekarang)

Periode generasi kelima adalah tahun 1980-sampai saat ini. Pada generasi kelima, teknologi VLSI sudah menjadi teknologi ULSI (Ultra Large Scale Integration), dengan chip mikroprosesor yang memiliki 10.000.000 komponen elektronik.

Generasi ini didasarkan pada hardware pemrosesan paralel dan perangkat lunak AI (Artificial Intelligence). AI adalah cabang yang muncul dalam ilmu komputer, yang mendefinisikan sarana dan metode membuat komputer berpikir seperti manusia. Semua bahasa tingkat tinggi seperti C dan C++, Java, .net dll, sudah digunakan dalam generasi ini.

Beberapa tipe yang sidah kita kenal pada generasi ini adalah diantaranya Desktop, Laptop, NoteBook, UltraBook dan ChromeBook