Pengertian Internet

Posted on

Pengertian Internet – Di era sekarang ini akan susah rasanya jika tidak ada internet, sekarang internet merupakan kebutuhan yang sangat penting bukan, apa jadinya jika internet tidak ada di masa sekarang. Kehidupan yang serba online.

Nah maka dari itu artikel kali ini akan berbagi mengenai Internet yang meliputi Pengertian Internet Secara Umum, Pengertian Internet Menurut Para Ahli, Sejarah Internet, Fungsi Internet, Perbedaan Internet dan Intranet, Dampak Positif dan Negatif Internet, tentunya akan dibahas lengkap berikut ini.

Pengertian Internet
 

Pengertian Internet Secara Umum

Secara umun internet merupakan sebuah bentuk jaringan komputer yang saling terhubung dan bekerja menjalankan sebuah sistem, merupakan jaringan terluas yang mencakup dunia serta membantu pengguna melakukan kegiatan yang dialakukan jarak jauh dan dimana saja.
 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui penegertian dan definisi internet secara umum, maka selanjutnya akan dibahas pengertian internet berdasarkan beberapa pendapat yang kemukakan beberapa ahli sebagai berikut.

  • Onno W. Purbo

    Internet merupakan bentuk pengefisiensi cara atau sistem berkomunikasi lewat aplikasi.

  • Berners Lee

    Internet merupakan jaringan besar yang terdiri atas beberapa jaringan. Dapat diartikan dimana satu jaringan dapat terhubung pada jaringan lain secara meluas.

  • O’Brien

    Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terbentuk, dimana saat ini tetap berkembang pesat dengan berbagai jenis bidang bisnis, pendidikan, pemerintahan, komunitas yang saling berhubungan, dengan jumlah pengguna bisa mencapai  200 negara.

  • Sarwono

    Internet merupakan jaringan komputer yang memiliki skala mencapai global. Tidak ada satu orang yang dapat bertanggung jawab akan internet. Awalnya internet digunakan untuk kebutuhan militer namun sekarang telah tersebar luas keseluruh penjuru dunia sebagai hiburan.

 

Sejarah Internet

Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 memiliki proyek ARPA – ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) mengupayakan bagaimana berkomunikasi jarak jauh sehingga ditemukan perangkat menggunakan sistem operasi UNIX.

Setalah melalui proses perancangan untuk standarisasi internet terbentuklah sebuah protokol baru yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan dari proyek ini adalah untuk kebutuhan militer. Dengan menghubungkan 4 situs yaitu Stanford Research Institute, Santa Barbara, University of California, dan University of Utah menjadi sebuah jaringan.

Pada tahun 1972 ARPANET dibagi dua yaitu “MILNET” sebagai kebutuhan para militer dan ARPANET kecil sebagai kebutuhan yang non militer. Dengan berjalannya waktu kedua bagian ini dkenal dengan sebutan DARPA Internet serta selanjutnya kembali disederhanakan menjadi internet, pertama kali internet dikenal pada tahun 1982.
 

Manfaat Internet

Adapun beberapa manfaat dengan adanya keberadaan sistem internet sebagai berikut.

  1. Sarana Hiburan

Manfaat internet sebagai hiburan maksudnya kita dalam berjelajah sepuasnya disosial media, membaca hal yang bermanfaaat, berbagi hal yang dapat menambah wawasan sampai menonton video lucu untuk mengundang tawa.

  1. Komunikasi Semakin Cepat

Dengan adanya internet berdampak langsung pada sistem komunikasi dimana kita mendapat kemudahan untuk saling berkomunikasi dengan keluarga jauh, kerabat, bahkan rekan kerja. Bukan hanya melalui pesan teks dan suara sekarang bisa melakukan video call sebagai mana kita berbicara dengan bertatap muka meski tidak secara langsung.

  1. Kemudahan Dalam Menggali Informasi

Dengan internet sangat mudah untuk kita mendapat informasi dan tentunya informasi yang kita dapat lebih variatif dari berbagai penjuru dunia, namun kita harus pandai memilah mana informasi yang fakta dan mana informasi yang hanya berupa opini.

  1. Kemudahan Dalam Pemasaran Bisnis

Pemasaran bisnis akan lebih mudah dengan internet kita dapat mempromosikan bisnis diakun media sosial dan bisnis akan tersebar secara luas yang berdampak pada kemudahan untuk pemasaran bisnis tersebut. Ditambah lagi jika kita mempunyai banyak kenalan.

  1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Bermanfaat sebagai wawasan dan pengetahuan bisa berupa mengikuti perkembangan zaman yang setiap detiknya berubah, menambah wawasan dengan membaca pengetahuan dari berbagai sumber dan dapat memperoleh sistem pembelajaran orang lain melalui beberapa video tutor dan lain sebagainya.
 

Fungsi Internet

Internet ini tentunya memiliki beragai fungsi, dimana fungsi itu banyak dapat membantu penggunanya seperti berikut ini.

  1. Sebagai Media Bertukar Sumber Daya

Dengan internet pengguna dengan pengguna lainnya dapat bertukar sumber daya dalam bentuk tulisan, foto, video, suara, desain, jurnal, makalah dan lain sebagainya.

  1. Sebagai Media Akses Informasi

Dengan internet informasi yang dapat diakses mencapai seluruh penjuru dunia tinggal bagaimana kita memahami perbedaan bahasa, dan informasi apa yang kita butuhkan.

  1. Sebagai Media Akses Berita

Berita sangat mudah kita akses melalui internet, namu kita harus pandai menelaah dan memilah berita yang dibagikan karena tidak semua berita itu berisi informasi fakta, banyak tangan yang tidak bertanggung jawab mencari kesempatan dan bahkan sampai melakukan propaganda.

  1. Sebagai Media Komunikasi

Sosial media menjadi jalan luas untuk melakukan komunikasi dengan internet sekarang ini, dimana kita dapat bertukar kabar dalam hitungan detik sampainya dengan jarak anatar kota bahkan negara.
 

Perbedaan Internet dan Intranet

Internet merupakan jaringan komputer untuk dapat saling berhubungan yang menggunakan protokol TCP/IP dengan jangkauan mencapai keberbagai penjuru dunia.

Intranet merupakan jaringan komputer yang digunakan untuk berbagi sumber daya secara lokal seperti contoh jaringan Lokal Area Network

Berikut merupakan perbedaan dari Internet dan Intranet.

Internet :

  • Mencakup jaringan luas mencapai skala global.
  • Sistem jaringan yang kuat
  • Dapat melakukan perkembangan yang pesat
  • Dapat diakses dimana saja dalam waktu 24 jam.

Intranet:

  • Jaringan yang hanya mencakup skala lokal
  • Dengan perkembangan yang cukup lambat
  • Digunakan di suatu sekolah, perusahaan, rumah sakit, hotel, apartemen dan lainya.

 

Dampak Positif dan Negatif Internet

Dengan adanya internet tentu tak lepas dari dampak yang ditimbulkan, dampak ini tak lepas dari hal positif dan negatif. Berikut ulasannya.

Dampak Positif

Berikut berbagai dampak positif dari adanya keberadaan internet.

  1. Mempermudan dan mempercepat proses pertukaran data
  2. Membantu mahasiswa dan pelajar memecahkan tugas
  3. Membangun keinginan belajar seseorang dari berbagai artikel, video tutor yang positif.
  4. Mempermudah mendapat pengetahuan dan menambah wawasan.
  5. Besar peluang untuk melakukan promosi dan kampanye hal posistif.
  6. Sebagai media hiburan saat memiliki waktu luang.
  7. Memperluas pertemanan dan mempererat relasi.
  8. Memanfaatkan e-commerce sebagai media bisnis.
  9. Mempermudah aktivitas kerja manusia.
  10. Banyaknya tercipta lapangan kerja baru.

Dampak Negatif

Selain dampaj positif, ada juga dampak negatif yang harus kita hindari dari internet ini, seperti berikut ini.

  1. Berpotensi untuk seseorang mengalami candu internet.
  2. Banyak pengguna yang lupa waktu sehingga menciptakan waktu yang terbuang sia-sia.
  3. Memiliki potensi terjadinya kejahatan, seperti penipuan.
  4. Konten berbahaya yang tidak pantas dilihat oleh anak dibawah umur.
  5. Terdapat berita dan informasi yang tidak tahu kebenarannya.
  6. Muncul provokasi antar golongan dan perpecahan masyarakat.
  7. Berdampak pada budaya asing yang masuk pada budaya lokal.

Nah jadi demikianlah bahasan kita kali ini mengenai Pengertian Internet, luas sekali jangkauan internet ini bukan. Mempermudah kita semua dalam melakukan berbagai aktivitas, melakukan berbagai pekerjaan, serta berkomunikasi dengan jarak jauh juga merupakan dampak yang baik dari internet namun jangan lupa menghindari dampak negatifnya. Sekian dulu artikel kali ini. Terima kasih telah membacanya.

Baca Juga :

Baca Juga :  Pengertian Sistem Informasi